Friday, July 13, 2018

Perusahaan yang Dulu Bernama Raja Garuda Mas Saat Ini Mengembangkan Pendidikan di Sekitarnya



Raja Garuda Mas

Royal Golden Eagle awal berdirinya di tahun 1973 hadir dengan nama Raja Garuda Mas. Korporasi perusahaan yang kini berganti nama menjadi Royal Golden Eagle ini memang merupakan sebuah korporasi perusahaan yang dermawan dibawah kepemimpinan Sukanto Tanoto. Melalui yayasan amal dari RGE yang diberi nama Tanoto Foundation, yayasan ini memberikan pendidikan dan beasiswa pendidikan secara jauh lebih layak kepada anak – anak bangsa.

Mulai dari SMP sampai dengan tingkat kuliah semuanya diberikan beasiswa pendidikan tanpa pandang bulu. Mereka anak karyawan perusahaan dibawah naungan RGE termasuk PT RAPP yang berprestasi dan juga mereka yang merupakan anak kurang mampu diberikan beasiswa tanpa pandang bulu.

Beasiswa RGE Untuk Mengembangkan Pendidikan di Indonesia

RGE ingin kembali memberikan sumbangan secara nyata atas kemajuan kualitas hidup masyarakat di Indonesia sebagai salah satu wujud kepeduliannya kepada bangsa ini. Corporate Social Responsive atau yang dikenal dengan istilah CSR menjadi salah satu program dimana program ini turut diprakarsai oleh Royal Golden Eagle antara lain yang bergerak di bidang kepedulian sosial, pemberdayaan, pertukaran keterampilan, infrastruktur dan pendidikan diupayakan secara maksimal untuk berjalan.

Di bidang infrastruktur pendidikan, di tahun 2014 kemarin, Raja Garuda Mas mendirikan PAUD di Rusunawa Muara Baru yang menjadi salah satu bentuk dukungan infrastruktur dalam bidang pendidikan dari RGE. Tanoto Foundation juga turut serta dalam memberikan dukungan kepada fasilitas publik di PAUD sebagai tempat belajar bagi 150 anak usia dini. Dunia pendidikan di Indonesia memang benar – benar sangat diperhatikan karena juga didasari pada fakta bahwa di tahun 2008 silam angka berdirinya PAUD di Indonesia masih sangat minim. Pada awalnya pendidikan anak usia dini yang awalnya dianggap remeh dan hanya sebelah mata sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang fisik, kognitif dan psikologi anak. Pendidikan ini memiliki peran positif yang sangat penting dalam menyiapkan anak agar bisa tumbuh lebih matang ketika memasuki usia pendidikan dasar. Karena itu RGE membantu pemerintah mewujudkan pertumbuhan PAUD dengan pemberian infrastruktur.

Selain memberikan infrastruktur berupa PAUD, bentuk dukungan RGE yang lain kepada bidang pendidikan di Indonesia adalah melalui pemberian program beasiswa. Tanoto Foundation yang merupakan yayasan filantropi dari Sukanto Tanoto bekerjasama dengan PT RAPP, anak perusahaan dari Royal Golden Eagle sejak tahun 2009 sampai detik ini untuk memberikan dana bantuan berupa beasiswa kepada pelajar mulai di tingkat sekolah dasar sampai dengan di tingkat perguruan tinggi. Dana yang besar bahkan mencapai miliaran rupiah akhirnya digelontorkan.

Inisiatif seperti ini secara langsung muncul dari Sukanto Tanoto yang merupakan pendiri dari Tanoto Foundation dan juga kelompok usaha besar RGE. Tujuan dari inisiatif di bidang pendidikan ini tentu adalah untuk memutuskan rantai kemiskinan yang selama ini memang sudah dikatakan pemerintah menjadi salah satu masalah di Indonesia yang harus diatasi. Secara tidak langsung dengan peningkatan mutu pendidikan, maka rantai kemiskinan bisa dihapuskan. Sumbangan di dunia pendidikan berupa beasiswa yang diberikan oleh RGE juga merupakan wujud dari 5 filosofi perusahaan yang selalu diterapkan oleh Sukanto agar perusahaannya baik untuk iklim, perusahaan, negara dan tentunya masyarakat.

Tentu pemerintah sampai saat ini juga turut serta berharap agar semua yang dilakukan oleh Royal Golden Eagle ini benar – benar diberlakukan secara layak dan dalam jangka waktu yang panjang.






No comments:

Post a Comment

Up