Monday, November 5, 2018

Yuk, Simak Menu MPASI Sederhana nan Bergizi Berikut Ini


Menu MPASI Pertama

Memasuki usia 6 bulan, setiap ibu dihadapkan pada momen-momen mempersiapkan menu untuk MPASI pertama. Semua ibu pasti merasakan bingung dan khawatir jika tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil sejak awal belajar makan. Bahkan, untuk ibu yang sudah memiliki beberapa buah hati, terkadang masih dihinggapi perasaan was-was di saat memperkenalkan ritual makan untuk pertama kali kepada si kecil.

Untuk itu Mums tak perlu risau. Selama Mums menggunakan pedoman yang sudah ditetapkan oleh WHO dan IDAI, maka semua akan baik-baik saja.

WHO memberikan rekomendasi MPASI yang bertekstur kental dan semi kental. Yaitu, ketika sendok dimiringkan, makanan tidak serta jatuh (mengucur). Dalam hal ini, penggunaan blender amat sangat tidak dianjurkan. Mums, bisa menggunakan saringan kawat untuk mendapatkan tekstur yang sesuai. Jika si kecil dirasa kesulitan menerima tekstur kentalnya, Mums bisa mengencerkan sedikit menjadi semi kental menggunakan ASI perah, atau kaldu.

Untuk dua minggu pertama, sebaiknya Mums masih memperkenalkan menu tunggal dahulu. Selain untuk mengenalkan rasa dasar, juga untuk mengamati efek alergi pada anak. Jangan menambah gula, garam, apalagi MSG, ya Mums. Biarkan anak mengenali rasa asli dari makanan. Dengan begitu, anak akan belajar mengembangkan selera makannya.

Menu MPASI 6 Bulan

        Bubur Saring Apel
-. Kupas dan cuci bersih apel. Kukus selama 10-15 menit
-. Angkat dan taruh di saringan kawat, lalu tekan menggunakan punggung sendok hingga lumat
-. Kerok/ambil bagian yang ada di bawah saringan
-. Atur kekentalan
-. Sajikan

        Bubur saring Nasi
-. Ambil nasi hangat secukupnya
-. Tambahkan kaldu atau unsalted butter
-. Tekan menggunakan punggung sendok pada saringan kawat
-. Ambil bagian yang berada di bawah saringan
-. Atur kekentalan menggunakan kaldu
-. Sajikan

        Fillet Ikan
-. Kukus ikan menggunakan bumbu aromatic (bawang putih dan daun salam) selama kurang lebih 15 menit
-. Saring menggunakan saringan kawat
-. Tambahkan 1 sdt minyak zaitun
-. Sajikan
Untuk menu seafood, Mums bisa mengamati reaksi alergi dengan tidak terlalu banyak memberikan porsi ikan dahulu. Jika dirasa si kecil aman dari alergi, Mums bisa meneruskan menu seafood yang lainnya.
Itu tadi beberapa menu MPASI pertama yang bisa Mums saling kombinasikan dengan bahan pangan lainnya. Jangan ragu-ragu untuk memperkenalkan aneka macam makanan pada si kecil.
Lalu bagaimana dengan mpasi bubur instan? Sebaiknya, mengonsumsi bubur bayi instan tidak dilakukan terus menerus. Bahaya mpasi instan adalah anak akan terbiasa mencecap rasa manis gurih yang sudah ada di dalam bubur pabrikan tersebut. Jadi, jauh lebih baik jika Mums menyediakan sendiri MPASI homemade untuk si kecil.
Nah, selamat berkreasi, Mums!

No comments:

Post a Comment

Up