Sunday, December 16, 2018

Perawatan Tepat Untuk Mengobatai Luka Lecet


Plester Perekat Luka

Saat mengalami luka lecet karena terjatuh atau hal lainnya banyak diantara kita yang
menganggapnya sebagai luka ringan biasa sehingga tidak perlu dilakukan perawatan. Padahal luka lecet yang menyebabkan lapisan kulit mengelupas atau terbuka bisa menjadi kondisi yang parah jika tidak dilakukan perawatan, ini karena luka yang dibiarkan berpotensi terkena bakteri atau virus lainnya yang berasal dari luar seperti debu atau kotoran. Dengan begitu menggunakan plester perekat luka dapat menjadi salah satu solusi.
Penggunaan plester yang tepat bisa menjadi salah satu cara merawat luka lecet yang tepat sekaligus juga mengobati karena mempercepat proses penyembuhan. Sebagai proses yang tepat dalam melakukan perawatan luka lecet berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan.
1.    Lakukan terlebih dahulu pembersihan luka dari berbagai kotoran yang menempel dengan menggunakan air mengalir atau dapat juga menggunakan antiseptik khusus yang membuat luka menjadi lebih bersih dan terbebas dari bakteri.
2.    Dalam membersihkan luka sebaiknya dihindari penggunaan bahan seperti hidrogen peroksida dan alkohol karena justu bisa membuat luka menjadi lebih lama pada proses penyembuhannya.
3.    Setelah itu anda dapat menggunakan bahan lembut untuk menutup luka yang senantiasa diganti setiap harinya untuk menjaga luka tetap steril dan terbebas dari kotoran.
4.    Jika diperlukan juga bisa menggunakan antibiotik khusus yang bisa membuat luka tetap lembab. Kondisi luka yang lembab dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat sembuh.
5.    Sebaiknya juga dihindari penggunaan salep tertentu atai bahan yang selain obat kecuali dengan resp dari dokter.
6.    Jika terus mengalami pembengkakan dan luka semakin parah sebaiknya dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus, karena takut telah terjadi infeksi.
Sebagai langkah mudah dan praktis dalam menutup luka tanpa menggunakan kain kasa lembut atau yang lainnya anda dapat menggunakan plester Hansaplast untuk menutupi luka secara sempurna. Penggunaan hansaplast sekaligus juga mengobati karena kandungan zat-zat tertentu yang membuat proses penyembuhan menjadi semakin cepat dengan memperbaiki jaringan kulit.

No comments:

Post a Comment

Up