Thursday, February 21, 2019

Tips Membuat MP ASI Terbaik untuk Anak 1 Tahun


MP ASI

MP ASI atau makanan pendamping ASI merupakan menu makan yang wajib
diberikan kepada anak-anak. Tepat setelah 6 bulan menerima ASI eksklusif, anak-anak harus segera menerima makanan pendamping ASI / MP ASI. Dengan begitu kebutuhan gizi anak bisa tercukup secara baik untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan yang dia alami.

Orang tua memiliki kewajiban memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Setelah sang ibu menyelesaikan tugas memberi ASI eksklusif kepada anak, maka kini menjadi kewajiban baginya untuk memberi makanan pendamping. Namun ingat, sampai usia 2 tahun anak masih tetap harus menerima ASI untuk mencukupi kebutuhan gizinya.

Memberikan makanan pendamping ASI kepada anak tidaklah semudah yang dibayangkan. Anak-anak cenderung sangat selektif dalam memilih makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, anak-anak juga biasanya sulit beradaptasi dengan jenis makanan tertentu. Kalau tidak sesuai dengan keinginan, anak-anak bisa malas makan.

Tips Membuat MP ASI
Semua ibu pasti merasakan bagaimana tantangan membuat makanan pendamping ASI untuk anak mereka. Karena tipe anak berbeda-beda maka pilihan makanan yang mereka inginkan juga bisa berbeda-beda. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi ibu-ibu di luar sana untuk menyajikan makanan pendamping ASI yang sesuai selera anak-anak.

Saat ini ada banyak orang yang menjual bubur MP ASI untuk anak-anak. Namun, alangkah jauh lebih baik jika sang ibu membuat sendiri makanan pendamping ASI bagi anak-anaknya. Selain lebih terjamin juga lebih hemat biaya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan saat membuat makanan pendamping ASI di rumah bagi anak usia 1 tahun :

1. Pastikan Semua Alat Bersih
Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat makanan pendamping ASI adalah memastikan bahwa semua alat yang akan dipakai bersih. Kalau perlu, siapkan alat-alat masak yang memang khusus dipakai untuk membuat makanan pendamping ASI.

2. Gunakan Beragam Sayur
Sayur-sayuran sangat penting untuk ditambahkan pada makanan pendamping ASI untuk anak Anda. Cobalah menambahkan aneka jenis sayur. Selain untuk melengkapi kebutuhan gizi anak, penambahan beragam jenis sayur juga dilakukan agar Anda tahu jenis sayuran apa yang paling sesuai dengan selera atau keinginan anak.

3. Tambahkan Sumber Protein Terbaik
Ada banyak sekali sumber protein yang bisa ditambahkan ke makanan pendamping ASI. Sebagian besar ibu biasanya menambahkan protein berupa daging ikan. Anda juga bisa menggunakan telur, daging ayam, atau protein nabati seperti tempe.

4. Makanan Dibuat Lebih Kasar
Bagi anak usia1 tahun, akan jauh lebih baik jika makanan pendamping ASI dibuat dengan tekstur yang lebih kasar. Anak usia 1 tahun sebaiknya makan makanan yang agak kasar untuk melatih sistem pencernaannya. Tekstur pada makanan justru akan membuat sistem pencernaan anak menjadi semakin kuat.

5. Siapkan Makanan Fresh
Selalu siapkan makanan fresh bagi anak Anda. Sebaiknya Anda membuat makanan pendamping ASI satu per satu setiap anak akan makan. Jika dirasa terlalu repot, Anda bisa membuat makanan pendamping ASI untuk satu hari. Namun, biasanya anak akan bosan jika dalam satu hari makan makanan yang sama jadi silakan buat makanan pendamping ASI sedikit demi sedikit saja.

Itulah tadi beberapa tips membuat makanan pendamping ASI yang bisa Anda lakukan. Perhatikan setiap bahan yang Anda gunakan dan pastikan bahwa makanan pendamping tersebut mengandung komposisi gizi yang lengkap. Mungkin memang akan sedikit merepotkan, namun para ibu tidak boleh malas membuat MP ASI demi masa depan anak yang gemilang.

No comments:

Post a Comment

Up