Sunday, March 3, 2019

Hobi Koleksi Tas Kulit? Ketahui 5 Cara Merawat Tas Wanita Berbahan Kulit Ini


Tas Wanita

Tas kini hadir dengan berbagai pilihan bahan, model, warna maupun motif.
Adanya banyak pilihan tas ini tak jarang membuat kaum hawa tidak sabar ingin segera membelinya. Alhasil lemari pun penuh dengan tas-tas yang dikoleksi. Hal ini selaras dengan fungsi tas wanita yang saat ini tidak hanya sebagai alat untuk memudahkan membawa benda ketika bepergian, namun tas juga sudah menjadi bagian dari fashion wanita.

Memiliki banyak koleksi tas tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kamu. Hanya saja, usahakan untuk rajin merawatnya. Jangan sampai tas yang dikoleksi tersebut rusak karena tidak terawat. Apa lagi jika tas yang kamu miliki berbahan kulit. Meski akan jarang dipakai, merawat tas adalah keharusan. Lantas bagaimana cara merawat tas wanita berbahan kulit tersebut?  Berikut uraiannya.

1.      Jangan terlalu lama menyimpan tas
Karena kamu hobi mengkoleksi tas, bukan tidak mungkin tas yang dimiliki hanya dipajang di etalase saja. Alih-alih ingin menjaga kebersihan dan keawetan tas, yang seperti ini justru membuat tas kulit mengelupas.

Solusi terbaiknya adalah kamu harus rajin mengeluarkan tas dari lemari secara berkala. Ini bertujuan agar tas mendapatkan udara luar sehingga tidak lembab.

2.      Jangan biarkan tas dalam keadaan kosong ketika menyimpannya
Umumnya kita akan menyimpan tas yang sudah dikeluarkan isinya. Padahal jika tas tersebut berbahan kulit, membiarkan tas dalam keadaan kosong ketika disimpan justru akan membuat tas mengempis. Kamu bisa melihat bagaimana rapi dan elegannya tas ketika masih dipajang di etalase toko, tas selalu terlihat menggembung karena tas tidak dibiarkan kosong.

3.      Hindari sinar matahari langsung
Tas berbahan kulit memang membutuhkan perawatan ekstra. Bahkan ketika dipakai pun sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung. Tas yang terkena sinar matahari langsung akan mudah pudar. Parahnya lagi tekstur tas kulit akan retak akibat terpapar sinar matahari.

Ini juga berlaku pada tempat penyimpanannya, tas sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan tas di lemari berbahan kayu karena bahan kayu ini cenderung lembab sehingga menurunkan kualitas dari tas itu sendiri. Jangan sampai tas berjamur karena tempat penyimpanan yang lembab.

4.      Jangan ditumpuk
Saat disimpan, sebaiknya kamu tidak menumpuk tas dengan tas lainnya. Ini bisa mengirit tempat penyimpanan, namun hal ini malah membuat tas mudah rusak. Ya, tas yang ditumpuk-tumpuk akan memungkinkan bentuk tas menjadi rusak dan tidak beraturan. Terlebih jika tas di atasnya memiliki bobot yang lebih berat.

Lebih dari itu tas juga membutuhkan ruang untuk mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Tas yang disimpan dengan cara ditumpuk akan membuat pori-pori tas kulit tertutup sehingga udara tidak bisa masuk. Alhasil tas menjadi rentan berjamur akibat lembab. Oleh karena itu simpanlah tas layaknya tas yang dipajang di toko. Simpan tas dengan posisi berdiri dan berjajar.

5.      Jangan dibungkus plastik
Tidak jarang kita menyimpan tas dengan dibungkus plastik. Tujuan awalnya adalah untuk menghindarkan tas dari debu dan kotoran. Tapi tahu kah kamu jika yang demikian justru sangat tidak disarankan? Tas yang dibungkus plastik tekstur kulitnya akan rusak karena plastik tersebut mampu menyerap bahan pencelup warna tas kulit. Akibatnya akan muncul noda-noda yang tentu saja mengurangi kualitas tas.

Demikianlah 5 cara merawat tas wanita berbahan kulit yang bisa kamu terapkan di rumah. Seperti yang diketahui harga tas kulit ini tidak murah, jadi jika sedari awal kamu berniat memiliki koleksi tas, maka upayakan untuk merawatnya dengan baik. Dengan begitu umur tas akan lebih panjang dan masih bisa dipakai setiap kali kamu ingin memakainya.

No comments:

Post a Comment

Up