Friday, April 26, 2019

Kiat-Kiat Pengadaan Perusahaan Swasta agar Tepat Guna

Pengadaan perusahaan swasta

Pengadaan perusahaan swasta sudah seharusnya diperhatikan secara detail. Bagaimana tidak, kunci dari terlaksananya kegiatan operasional adalah tersedianya semua kebutuhan produksi. Kiat-kiat pengadaan berikut ini bisa menjadi solusi tepat.
Kamu bisa mendapatkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan juga anggaran yang tersedia. 

1. Menganalisis Kebutuhan Perusahaan Swasta
Analisis adalah metode pemahaman kebutuhan yang seharusnya dilakukan untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi. Langkah ini sangat tepat untuk mengupayakan agar pembelian sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa pula untuk mengetahui spesifikasi produk yang dibutuhkan, baik berupa barang, maupun jasa. Keduanya harus diperiksa kesesuaiannya.

Pengadaan yang sesuai dengan kebutuhan berarti telah mencapai ketepatan pengadaan. Ketepatan ini akan melancarkan kegiatan operasional perusahaan. Agar lebih tepat, analisis dilakukan dengan metode yang paling akurat. Kategorikan kebutuhan jangka pendek, menengah, dan panjang. Setelah itu, urutkan berdasarkan skala prioritas kebutuhan beserta dengan range dananya.

2. Menentukan Target Pengadaan Perusahaan Swasta
Dalam setiap hal, diperlukan adanya target untuk mengoptimalkan suatu kegiatan atau usaha. Sama halnya dengan upaya pengadaan yang harus ditarget seberapa besar akan dipenuhi. Target pengadaan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Penetapan hal ini sangat efektif untuk menjamin ketersediaan sumber daya sesuai dengan kapasitas operasional perusahaan.

Target ini juga dibedakan dalam target jangka pendek dan jangka panjang untuk mengklasifikasikan pemenuhan kebutuhan. Jadi, pada pengadaan pertama diharapkan memenuhi kebutuhan sesuai target jangka pendek. Target ini berupa kuantitas riil kebutuhan yang akan dipenuhi.

3. Membuat Perencanaan Pengadaan Secara Rinci
Perencanaan pengadaan perusahaan swasta tentu sangat diperlukan demi memenuhi seluruh kebutuhan dengan tepat, baik dari segi kualitas, kuantitas, waktu, dan biaya. Perencanaan juga membantu mengondisikan kegiatan pengadaan agar efisien dalam operasionalnya.

Planning disusun berdasarkan diskusi pihak perusahaan dengan didukung data inventaris, data analisis kebutuhan, serta penentuan target pengadaan. Dengan demikian, bisa diperoleh keputusan final yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran pengadaan. Keputusan tersebut akan melancarkan kegiatan operasional perusahaan. Untuk itu, perencanaan yang rinci termasuk strategi pengadaan.

4. Menggunakan Sistem Eprocurement
Berkembangnya teknologi sangat mendukung sistem pengadaan. Kini, sudah banyak platform yang memfasilitasi pengadaan online di semua bidang bisnis. Tidak hanya karena lebih cepat dan mudah, tetapi sistem pengadaan online sangat efisien. Terdapat ketepatan pengadaan yang bisa ditingkatkan. Melalui eprocurement, terdapat penghematan biaya, waktu, dan operasional.

Faktanya, eprocurement menggunakan sistem paperless, sehingga tidak membutuhkan biaya cetak. Penghematan biaya transportasi juga terjadi karena seluruh proses pengadaan dilakukan via online. Efisiensi waktu terjadi karena sistem ini lebih responsif dalam pemberian informasi serta pelaksanaan pengadaan.

Proses eprocurement juga transparan, sehingga tidak perlu pengecekan secara langsung yang menjadikan penambahan kegiatan operasional. Pihak pelaku usaha tinggal mengamati secara online melalui status pengadaan dan tracking pengiriman. Bukti transaksi juga akan diberikan lewat email untuk memudahkan sistem audit dan pelaporan keuangan.

5. Menyeleksi Platform Eprocurement
Setelah memahami bagaimana kelebihan dari eprocurement, sebaiknya kamu menyeleksi platform yang akan memfasilitasi hubungan kerja sama antara perusahaan dengan vendor. Kerja sama ini akan terjalin baik melalui platform yang lengkap dan mudah dipahami. Kredibilitas pengelola platform seharusnya menjadi perhatian utama.

Pilihlah platform yang sudah berpengalaman dan banyak direkomendasikan. Hal ini akan menjamin kualitas pengadaan. Kamu akan mendapatkan penawaran vendor berkualitas dengan produk yang terjamin. Kemungkinan perolehan produk berkualitas pasti lebih banyak.

Produktivitas perusahaan yang tinggi tentu meningkatkan daya saing perusahaan. Tingginya produktivitas tersebut bisa diupayakan lewat kegiatan pengadaan yang tepat guna. Mbizmarket sebagai pionir eprocurement siap memfasilitasi pengadaan barang atau jasa terbaik. Prosesnya lebih praktis dan fleksibel. Kamu bisa memenuhi pengadaan perusahaan swasta tepat waktu.

No comments:

Post a Comment

Up