Wednesday, May 15, 2019

Saat Proses Penyembuhan Pasca Operasi, Apa Sih yang Harus Dilakukan?


obat untuk mempercepat penyembuhan luka

Operasi merupakan praktik medis yang dilakukan dengan membedah bagian tubuh tertentu untuk melakukan pengobatan dari dalam.
Organ yang mengalami kerusakan akan diperbaiki langsung dari dalam sehingga diharapkan hasilnya akan lebih cepat dilihat dibandingkan jika mengobati penyakit dengan obat-obatan saja. Selain bagian dalam, bagian tubuh yang dibedah tersebut kemudian akan dijahit kembali sehingga meninggalkan luka luar. Saat pasien dinyatakan boleh pulang ke rumah, pasien tetap memiliki kewajiban untuk melakukan perawatan mandiri sebagai pasien pasca operasi.

Pasien pasca operasi akan memiliki tanda atau gejala terutama di bagian operasi. Tanda tersebut bisa berupa jahitan tempat operasi di lakukan. Perawatan pasca operasi lebih dikhususkan untuk merawat luka bekas operasi dan mengembalikan fungsi tubuh pasien seperti sedia kala bahkan lebih bugar. Apa saja yang harus dilakukan oleh pasien pasca operasi yang menjadi perawatan wajibnya? Berikut ini adalah contohnya:

  • Mengoleskan obat untuk mempercepat penyembuhan luka di area bekas operasi.
  • Beberapa jenis jahitan juga ada yang perlu diambil kembali sehingga pasien harus datang ke dokter bedah sesuai dengan jadwal.
  • Ikuti diet yang dianjurkan misalnya jika ada makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi.
  • Beristirahat terutama mengistirahatkan bagian yang dioperasi untuk jenis operasi tertentu.
  • Untuk jenis operasi lainnya Anda justru diminta untuk sering melatih bagian yang telah dioperasi misalnya pada operasi patah tulang.
  • Minum obat yang sudah diresepkan dokter secara teratur.
  • Kontrol ke dokter sesuai dengan jadwal.

Umumnya dokter bedah akan memberikan obat luka operasi pada pasiennya untuk dioleskan pada area jahitan sehingga luka menjadi lebih cepat kering. Selain itu tergantung pada jenis operasi yang dilakukan, dokter juga bisa memberikan wejangan atau larangan yang tak boleh dilanggar oleh pasien seperti membatasi makanan dan minuman, gerakan, ataupun boleh tidaknya area jahitan terkena air. Jika obat luka pasca operasi Anda habis, maka Anda bisa menebusnya kembali di apotik menggunakan salinan resep dokter sehingga obat yang diberikan sama dengan yang dituliskan oleh dokter Anda.

No comments:

Post a Comment

Up