Friday, October 11, 2019

Atasi Nyeri Ulu Hati Ketika Sedang Hamil

susu soya

Hamil menjadi suatu hal yang sangat didambakan oleh setiap wanita yang telah menikah.
Namun kurangnya pengetahuan tentang kehamilan bagi ibu muda kerapkali membuat bingung. Salah satu hal yang dialami adalah nyeri ulu hati saat hamil. Timbulnya nyeri ulu hati akan membuat panas ibu hamil pada daerah dada hingga kerongkongan. Tentunya hal tersebut akan meresahkan ibu hamil terutama ibu – ibu muda. 

Tak perlu khawatir bagi para ibu muda karena nyeri ulu hati merupakan suatu hal yang sering dikeluhkan banyak ibu hamil. Nyeri ulu hati saat hamil disebabkan karena meningkatnya gas asam lambung yang diproduksi karena perubahan hormone progesterone sehingga memudahkan asam lambung untuk naik menuju kerongkongan. 

Penyebab Nyeri Ulu Hati Yang Sering Dialami Ibu Hamil 

Nutriclub memberikan berbagai informasi, baik untuk ibu maupun anak. Salah satu informasi yang diberikan adalah penyebab dari nyeri ulu hati saat hamil, diantaranya : 

1. Tukak lambung 
2. Terserang penyakit kantung empedu 
3. Pancreatitis 
4. Iritasi usus besar 
5. Preeclampsia 

Tips Mengatasi Nyeri Ulu Hati Ketika Hamil 

Para ibu hamil muda yang seringkali mengalami nyeri ulu hati dapat mengatasi dengan minum susu soya. Selain itu terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri ulu hati yaitu : 

1. Memakai baju yang nyaman 
Pakaian nyaman bagi para ibu hamil adalah pakaian yang longgar. Jangan memakai baju yang ketat, terutama pada bagian pinggang dan perut. 

2. Tidur dengan cukup 
Nyeri ulu hati dapat diatasi dengan tidur cukup. Sebaiknya para ibu menggunakan bantal lebih tinggi guna mencegah naiknya asam lambung. Tidur yang cukup dan jangan sampai tidur setelah makan. 

3. Mengonsumsi makanan yang cair dan lunak 
Ibu hamil yang nyeri ulu hati harus mengonsumsi berbagai makanan yang lunak seperti bubur, susu soya, yoghurt dan nasi tim. Dengan makanan lunak ibu hamil dapat mencernanya dengan baik di lambung. 

4. Jangan makan makanan yang memicu naiknya asam lambung 
Hal lain yang dapat dilakukan ibu hamil adalah menghindari berbagai makanan seperti cokelat, kopi dan makanan pedas karena beberapa makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung. 

Beberapa hal tersebut dapat dilakukan ketika ibu hamil sedang nyeri pada ulu hati. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya dapat dilihat pada website produk nutriclub yang tersedia. 

No comments:

Post a Comment

Up