Thursday, December 26, 2019

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Usus Anak

Antibiotik

Menjaga kesehatan usus anak sangatlah penting mengingat mereka masih dalam pertumbuhan dan untuk membuatnya sehat
. Anak-anak cenderung mengkonsumsi makanan yang dia suka tanpa mempertimbangkan sehat atau tidaknya, higienis apa tidak makanan tersebut yang penting mereka suka. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan usus anak, apalagi usus mereka masih sensitif. Jika salah makan pasti ususnya bermasalah sehingga mengakibatkan muntah. Maka sangat penting bagi kita sebagai orangtua mengetahui penyebab muntah pada anak dan penanganannya. Berikut ini ada beberapa cara sederhana memelihara kesehatan usus anak, diantaranya:

1. Beri makanan bakteri baik
Usus kita terdapat bakteri baik yang haru kita beri makan. Bakteri baik ini biasanya berkembang pada serat makanan. Jadi bayangkan jika bakteri di usus anak anda tidak mendapatkan cukup serat? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bakteri yang kelaparan akan memakan lendir yang melapisi dan melindungi usus. Jika hal ini terjadi dapat menyebabkan gangguan autoimun seperti radang usus, alergi dan asma. Untuk itu berilah anak anda buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan makanan sehat lainnya.

2. Hindari antibiotik yang tidak perlu
Obat-obatan kimia memang dapat memberikan efek samping. Begitupun dengan antibiotik. Antibiotik ini bekerja membunuh bakteri tanpa pandang bulu, dia (antibiotik) akan menyingkirkan bagian yang baik dari micribiome anda bersama yang buruk. Hal ini tentunya dapat berpengaruh pada kesehatan jangka panjang si kecil. Maka dari itu sebaiknya hindari pemberian antibiotik jika memang tidak begitu diperlukan.

3. Bermain di taman dengan hewan peliharaan
Bisa dibilang kegiatan yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dalam menghadapi bakteri baik dan mencegah si kecil sakit. Saat mereka bermain di luar mau tidak mau tubuh mereka akan bertemu dengan bakteri dari udara, maupun dari tanah. Hal inilah yang nantinya secara alami tubuh akan melawan bakteri tersebut.

Itulah beberapa cara sederhana menjaga usus dan pencernaan anak sehat. jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi mereka agar tubuhnya tetap sehat.

No comments:

Post a Comment

Up