Friday, December 6, 2019

Cara Tepat Melakukan Pemeriksaan Genset Industri

Sewa Genset

Saat ini, begitu banyak listrik yang telah di-supply oleh PLN sehingga dapat digunakan
untuk jutaan rumah, perusahaan, dan industri. Namun demikian, masalah mati listrik juga masih terjadi, baik disebabkan karena badai, banjir, gempa, ataupun kegagalan peralatan utama pada instalasi PLN. Pemadaman listrik kerap terjadi, bahkan di beberapa daerah tertentu semakin sering terjadi dalam intensitas yang cukup lama dan bisa terjadi hingga berhari-hari. 

Cara Melakukan Perawatan Genset

Memiliki genset dengan sistem yang sudah dirancang dengan baik dan terpelihara dengan baik juga merupakan perlindungan terbaik terhadap pemadaman listrik. Oleh karena itu, sistem genset dipelihara secara teratur untuk memastikan bahwa genset tersebut dapat beroperasi dengan baik ketika dibutuhkan. 

Pada saat genset mengalami kegagalan operasi, biasanya hal ini disebabkan karena prosedur perawatan yang salah ataupun kelalaian dalam melakukan perawatan. Setidaknya, ada tiga penyebab genset gagal untuk starting, yaitu sebagai berikut.

1. Tombol start dalam poisi Off bukan Auto.
2. Aki atau starting mati yang disebabkan oleh kurangnya masa charging.
3. Filter bahan bakar tersumbat. Hal ini bisa disebabkan oleh bahan bakar yang lama atau sudah terkontaminasi dengan kotoran dan zat-zat yang lain. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan genset. Perawatan genset ini termasuk pemeriksaan genset atau commisioning genset. Ketika genset menyala (running) maka operastor harus waspada terhadap masalah mekanik yang bisa menyebabkan kondisi yang tidak aman dan berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa bagian yang harus diperiksa secara teratur dalam melakukan pemeriksaan genset untuk menjaga agar operasi tetap aman dan handal.

1. Sistem pembuangan
Dalam keadaan genset running, pemeriksaan genset dilakukan pada seluruh sistem pembuangan, termasuk muffler dan pipa knalpot. 
2. Sistem bahan bakar
Dalam kondisi genset running, pemeriksaan dilakukan pada jalur pasokan bahan bakar, jalur balik, dan keretakan atau lecet pada fitting. 
3. Sistem listrik DC (aki)
Pemeriksan dilakukan pada terminal pada baterai starting untuk memastikan koneksi yang bersih dan kencang.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan genset, Anda dapat mengubungi Sewatama, yang akan mengoperasikan, melakukan service dan perawatan genset, yang memiliki standar kualitas tinggi, untuk menjamin kehandalan dan keefektifan suatu genset dalam melakukan kerjanya. 

No comments:

Post a Comment

Up