Tuesday, December 17, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Bersisik dan Gatal

Mengatasi Wajah Kering

Kulit kering, bersisik dan gatal dapat membuat stres dan frustrasi. Namun,
menggaruk hingga menyebabkan peradangan membuat seseorang menjadi merasa tidak nyaman. Jika kamu mengalaminya, kamu harus segera mengetahui cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal agar segera teratasi.

Ternyata, penyebab kulit gatal berbeda-beda. Ada beberapa penyebab yang membuat Kulit kering, bersisik dan gatal. Pada artikel ini kita akan ulas penyebab dan cara mengatasi kulit wajah kering bersisik menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Penyebab Kulit Wajah Kering, Bersisik dan Gatal

Kulit manusia itu terdiri dari tiga lapisan, yang pertama bernama hipodermis yang merupakan lapisan terdalam, kemudian lapisan tengah bernama dermis, dan untuk lapisan terluar bernama epidermis.

Epidermis yang merupakan lapisan terluar pada kulit manusia akan diganti dengan kulit baru secara teratur yang disebut dengan proses regenerasi kulit. Apabila regenerasi kulit ini terganggu maka sel-sel kulit yang sudah rusak tidak berhasil diganti dengan yang baru. Akibatnya lapisan terluar kulit akan terkelupas dan terlihat seperti sisik.

Kulit wajah yang kering dan bersisik dapat juga terjadi karena kurangnya asupan nutrisi pada kulit, karena udara dingin yang menyerap habis kelembapan kulit atau gangguan pada kelenjar minyak.

Masalah kulit kering, pecah-pecah, gatal, dan meradang juga bisa dialami oleh orang yang mengidap penyakit kulit seperti psoriasis atau dermatitis.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering, Bersisik dan Gatal Secara Alami


Susu
Cara mengatasi kulit wajah yang bersisik dan gatal secara alami dapat dilakukan menggunakan bahan yang sangat mudah sekali kita dapatkan yaitu susu. Selain susu sangat sehat untuk tubuh manusia jika diminum, ternyata susu juga punya segudang manfaat untuk perawatan kulit.

Kandungan protein yang ada pada susu bermanfaat untuk menutrisi kulit. Sedangkan kandungan zat asam laktat, bagus untuk mengatasi masalah kulit yang ringan seperti kering dan juga gatal – gatal.

Bahkan susu juga dapat digunakan sebagai pelembab alami kulit, sehingga masalah kekeringan pada kulit wajah Anda bisa segera hilang.

Madu
Sejak dulu manfaat madu telah banyak digunakan untuk kesehatan dan kecantikan termasuk perawatan kulit. Wanita sering menggunakan masker madu untuk memperhalus dan mempercantik wajah serta menghilangkan jerawat. Madu juga dipercaya untuk mengatasi masalah kulit yang bersisik.

Adanya kandungan air, minyak alami, fruktosa, glukosa, dan juga enzim dapat mengatasi masalah kulit kering pada wajah. Selain itu, madu juga dipercaya dapat mengurangi gatal dan juga iritasi kulit.

Sebaiknya gunakan madu murni asli yang belum dicampur dengan bahan-bahan lain dan belum diproses dengan pemanasan. Karena hal tersebut bisa mengurangi khasiatnya.

Mentimun
Mentimun memiliki kandungan yang bagus untuk perawatan kulit wajah seperti vitamin C, pelembab alami, dan antioksidan. Efek dingin pada mentimun juga dipercaya dapat mengatasi iritasi dan kemerahan pada wajah.

Kandungan air pada mentimun juga bisa berfungsi sebagai pelembab alami untuk mengembalikan kelembapan wajah yang hilang. Sedangkan kandungan vitamin C yang ada pada mentimun dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit dan juga meningkatkan proses regenerasi sel-sel kulit baru.

Lidah buaya
Lidah buaya berkhasiat untuk melembapkan kulit wajah secara alami. Kandungan zat anti inflamasi yang ada pada lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan dan gatal pada kulit yang bersisik.

Lidah buaya sering digunakan untuk mengatasi luka bakar karena sifatnya yang dingin, selain itu lidah buaya juga terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka. Sehingga lidah buaya cukup layak untuk dicoba pada wajah agar proses regenerasi sel-sel kulit baru lebih cepat terjadi.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Up