Tuesday, May 19, 2020

Simak Tips Mencatat Keuangan Warung dengan Benar

Pembukuan

Buku warung kini sudah banyak digunakan karena banyak sekali keuntungan yang diperoleh darinya. Kini banyak sekali usaha dagang di Indonesia,
secara mudah bisa ditemukan mulai di kota hingga di desa-desa. Jika Anda termasuk pengusaha baik membuka warung skala kecil maupun besar wajib untuk melakukan pencatatan keuangan. Tujuannya yaitu agar kelangsungan usaha Anda baik sekarang maupun mendatang dapat berjalan mulus.

Kebalikan dari hal tersebut, jika keuangan usaha yang Anda jalankan kacau kemungkinan tidak akan lama lagi akan muncul banyak masalah dan bisa gulung tikar. Nah oleh karena itu, agar keuangan usaha warung Anda tetap stabil harus melakukan beberapa tips di bawah ini

Pisahkan Keuangan antara Usaha dan Pribadi
Dalam melakukan usaha wajib hukumnya untuk tidak mencampurkan uang antara milik pribadi dengan usaha. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi Anda dalam melihat kinerja usaha. Lain dari itu, melakukan pemisahan keuangan dapat menandakan bahwa Anda dapat menjalankan sebuah usaha secara profesional. Untuk solusi pemisahan keuangan ini bisa membuat rekening baru di bank khusus untuk uang usaha. 

Membuat Rencana Penggunaan Uang
Untuk melancarkan pengelolaan keuangan, lebih baik Anda membuat rencana keuangan dalam usaha warung. Alangkah baiknya dalam membuat rencana keuangan yaitu sebelum periode akuntansi yang baru dimulai. Sehingga saat periode sudah berjalan Anda hanya tinggal melakukan penyesuaian dan menjalankan saja. 

Anda harus menghindari penggunaan keuangan untuk hal-hal yang tidak penting dan belum termasuk dalam rencana. Setiap akhir periode Anda juga harus melakukan evaluasi guna membuat periode berikutnya menjadi lebih baik lagi. 

Membuat Catatan Keuangan
Membuat pencatatan transaksi keuangan juga menjadi hal yang sangat penting dalam mengelola keuangan usaha warung. Apabila Anda masih kerepotan dan malas membuat laporan secara manual lebih baik menggunakan aplikasi pembukuan.

Sehingga dengan aplikasi tersebut buku warung Anda akan tersusun secara baik dan rapi. Performa dari usaha warung Anda juga akan semakin mudah untuk dilihat. Dengan aplikasi Anda juga tidak perlu repot-repot menyusun laporan keuangan secara manual. 

Mengelola Piutang dengan Benar
Dengan adanya piutang, usaha Anda dapat meningkat dalam penjualannya. Akan tetapi jika piutangnya memiliki jumlah berlebihan justru hal ini akan menjadi sebuah beban bagi usaha Anda. Banyaknya piutang juga membutuhkan tenaga extra untuk menagihnya, oleh karena itu piutang harus diatur dengan benar. 

Solusinya yaitu Anda harus membuat kebijakan piutang yang tidak merugikan untuk usaha warung yang saat ini dijalankan. Setelah jatuh tempo Anda juga harus melakukan penagihan, jangan selalu menunda-nunda dan merasa tidak enak pada konsumen.

Hindari Terlalu Banyak Hutang
Utang dari usaha warung Anda juga harus diperhatikan, selain dari piutang. Lebih baik menghindari berhutang atau melakukan pinjaman sebab dengan berhutang Anda akan terbebani ketika membayar bunga dan angsuran nantinya.  

Tips-tips yang dijelaskan di atas akan lebih mudah jika dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembukuan. Salah satunya yaitu dengan mendownload BukuKas adalah solusi yang paling tepat. Banyak fitur yang bisa digunakan dalam mencatat keuangan usaha warung Anda agar menjadi lebih maju. Untuk informasi lebih jelasnya langsun kunjungi situs resminya www.bukukas.com 

No comments:

Post a Comment

Up