Monday, September 14, 2020

Tak Hanya Budaya, Ini Dia 9 Alat Musik Tanah Air yang Disenangi para Turis Asing

Alat Musik Tradisional
Sumber : dentmasoci.com

Selain suku, kebudayaan dan ciri khas mulai dari tarian tradisional, Indonesia juga
punya alat-alat musik jaman dahulu yang sudah mendunia lho. Alat musik peninggalan budaya ini dahulu kala digunakan untuk mengiringi tarian-tarian tradisional dari berbagai suku. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak saja daftar alat musik peninggalan budaya asli Indonesia dan sudah terkenal di mancanegara. Check this out!

1. Angklung

 
Angklung
Sumber : hanyaberbagi.com

Siapa yang nggak kenal alat musik tradisional yang bernama angklung dari Jawa Barat ini? Angklung sendiri merupakan alat musik peninggalan budaya zaman dahulu yang cara mainnya di goyangkan. Alat musik yang terbuat dari bambu ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, bahkan permainan angklung ini mampu membuat penonton asal Perancis dan Amerika Serikat terpukau, lho. Bahkan UNESCO mengakui bahwa angklung ini menjadi salah satu alat musik warisan Indonesia.

2. Sasando

 
Sasando
Sumber : kompasiana.com

Berasal dari Tanah Rote, Nusa Tenggara Timur, Sasando yang juga merupakan salah satu musik tradisional Indonesia ini terbuat dari daun lontar. Bentuk dari alat musik ini menyerupai harpa dengan cara memainkannya dipetik seperti halnya kita bermain gitar. Sasando sendiri sudah terkenal sejak 2013 pada konsel WOW 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.

3. Gamelan 

 
Gamelan
Sumber : blogkulo.com

Gamelan juga menjadi salah satu alat musik tradisional yang asalnya dari tanah Jawa. Alat musik ini juga digemari oleh para musisi dunia lho. Bahkan gamelan masuk ke dalam kurikulum sekolah yang ada di Amerika Serikat dan juga New Zealand.

4. Kolintang

Kolintang
Sumber : inatonreport.com

Punya bentuk seperti gong namun ukurannya lebih kecil dan diletakkan secara mendatar, alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan ini juga nggak kalah terkenal. Saat memainkan kolintang ini bisa diiringi dengan gong dan drum. Negara-negara melayu seperti Malaysia dan juga Filipina juga sudah lama memainkan alat musik peninggalan budaya tanah air ini.

5. Kendang

 
Kendang
Sumber : wwwsugiono.blogspot.com

Banyak yang mengatakan kalau kendang ini berasal dari Jawa Timur, padahal alat musik tradisional ini asalnya dari Sunda. Kamu bisa menjumpai alat musik tradisional satu ini di acara dangdut, musik jazz dan kontemporer untuk mengiringi acara tersebut. Bahkan kini banyak para musisi Amerika Serikat menggunakan kendang ini sebagai pengiring lagu mereka.

6. Tifa

 
Tifa
Sumber : indonesiakaya.com

Punya bentuk seperti Kendang, Tifa ini juga merupakan alat musik Indonesia yang berasal dari Maluku dan Papua. Alat musik yang berbentuk tabung ini cara memainkannya dipukul. Tifa juga punya ukiran-ukiran khas dari asalnya. Sejak banyak turis datang ke Maluku dan Papua dengan membawa pulang tifa sebagai oleh-oleh, itulah yang membuat alat musik Indonesia ini terkenal di mancanegara. 

7. Saluang

 
Saluang
Sumber : id.pinterest.com


Saluang adalah alat musik tradisional yang berasal Sumatera Barat. Bentuknya sama seperti seruling tetapi lebih sederhana, karena lubang yang dimilikinya hanya berjumlah 4. Konon rumornya zaman dulu para pemain saluang ini punya mantra tersendiri yang dimana mampu menghipnotis para penonton.

8. Aramba

 
Aramba
Sumber : artikelcara.com


Berasal dari Sumatera, Aramba juga menjadi alat musik tradisional warisan Indonesia. Alat musik dari Pulau Nias ini menghasilkan jenis suara Ideofon. Cara memainkan dan bentuk dari Aramba ini mirip sekali dengan musik tradisional salah satu gamelan yakni Gong yang berasal dari Pulau Jawa. 

9. Jengglong

 
Jengglong
Sumber : jatinangor.itb.ac.id


Jengglong merupakan alat musik tradisional yang asalnya dari Jawa Barat. Memang sekilas bentuknya seperti sebuah Gong. Tetapi ukuran Jengglong ini lebih kecil kalau dibandingkan dengan Gong. Memainkan alat musik Jengglong ini pun tak boleh sembarangan dipukul, tetapi ada alat khusus yang digunakannya. 

Itulah 9 alat musik tradisional dari Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Alat musik mana nih yang bisa kamu mainkan? Tetap kenali, hargai dan cintai budaya-budaya Indonesia, ya!

1 comment:

  1. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Whatshapp : +855969190856
    website : AJOQQ.NET

    ReplyDelete

Up